Susahnya cari kerja…!!! (bagian pertama)

Met malam,

Pada postingan kali ini gw mo sharing dikit neh about pengalaman gw waktu lamar kerjaan. Walaupun baru sekitar 3 bulanan ini gw lulus kayaknya udah lumayan banyak deh yg bisa gw ceritain, apalagi kalo ntar gak dapet kerjaan ampe bertahun2 y!! (busyettt gk kebayang deh!!) ^_^

Sebelumnya minta maap dulu buat pihak2 yg berwenang, mudahan saya nggak bikin anda tersinggung!! karena saya jg gak bikin rusuh seh di sini, cuma mau sharing ajah…hehehe..sori bosss…

Sejak sebelum keluar ijazah sarjana a.k.a sebelum di wisuda pada tgl 16 Oktober 2008, gw udah mulai nyebar tuhh lamaran kerja ke beberapa instansi, terutama seh Bank2 gitu, secara jurusan gw kan ekonomi gitu lohh..hehehe..tp kalo di liat2 sekarang segala jurusan bisa kok masuk di Bank..jd buat jurusan kuliah yg laen gk usah berkecil hati..

Waktu berlalu, detik berganti menit, menit berganti jam, jam berganti baterai coz baterai nya matee..hehe..akhirnya gw di wisuda jg,,,horeeee jadi Sarjana, seneng banget rasanya akhirnya perjuangan lima tahun berbuah nama belakang jg, Sarjana EKonomi (disingkat SE)..kok jd senang ya? aneh sekali, pdahal kan malah nambah pengangguran di Negeri ku tercinta Indonesia ini…eittt,  jgn pesimis dulu biarpun pengangguran, tapi pengangguran berpendidikan, lumayan ada embel2 tambahan…hehehe..gak ahhh,, gw gak mau jd pengangguran..!!

back to topic,

gimana ya kabarnya surat lamaran gw td? Gw kira uda hangus tuh lamaran yg gw masukin ke bank2 itu..ehhhh, ternyata setelah kurang lebih 2 bulan ada panggilan ke no hp gw 0511-733xxxx, oleh salah satu bank yg gw kirimi lamaran td, kaget donk gw, bingung + gak ngeh + kaget + seneng jg seh, wahh ini panggilan pertama gw..my first experience..trus, di telpon di kasih tau kapan di adakan tesnya etc..

Jumat, pukul 02.00 (waktu tes tertulis 1)

Habis shalat jum’at, hati+jantung+otak udah kocar kacir mikirin apa yg bakal di tes (maklum baru pertama kali)..nyokap di rumah jg uda semangat amat anaknya ikut tes, uda siapin petuah2, kata2 mutiaran sama pakaian buat tes segala..bayangkan sodara2..hehehe..org tua sayang anak gitu tuh!! hehehe..ngeng ngeng titttt tiiit, motor gue pacu menuju tempat tes..sampai di tempat tes,, wadooow ternyata banyak amat orang yg ikut…eh, ternyata gw dpt sesi ke dua siang itu, sesi pertama uda pagi harinya…busyettt, kira2 130 orang yg ikut test,, bayangkan lg sodara2..hehehe..Tes hari ini adalah ujian tertulis, lebih tepatnya seh Psikotes gt, almost semuanya hitungan boo…trus penjumlahan yg berbaris itu, busyett ampe pegel leher gw, kebanyakan nundukkk..ampunnn dehhh..setelah ujian tertulis selesai diberi tau kalo pengumuman lulusnya besok pagi dan dilanjutkan ama tes wawancara 2 kali baru diterima..

Sabtu, pukul 09.00 –  selesai (wawancaa 1&2)

Pagi2 ku bangun, menanti dengan hati berdebar2 pengumuman tes tertulis..ngeng ngeng tittt tiiittt motor ku pacu lagiii…sampai tempat tes, ada peserta kemarin yg pulang, tp ada jg yg  masih bertahan di tempat ujian kemarin..ee, ternyata yg plg itu yg gk lulus tes kemarin, dalam hati gw neh berkata ; banyak-banyak aj yg pulang, jd berkurang saingan gw…hehehehe..Beruntung gw, pas liat papan pengumuman nama gw gak tercantum di sana, kok jd seneng y? hehehe, coz yg namanya tercantum di papan pengumuman malah yg gak bisa ikut tes wawancara gitu lohhh…hehehe..busyeettt, ternyata yg lulus tes pertama 60-an orang..jadi gw nunggu giliran tes nya ampe mau muntah2, wuihhh hiperbola bgt y…lama bangggetttt…!!

Wawancara pertama,

Datang pukul 09.00 dipanggil buat wawancara pukul 12.30, uda gak bisa mikir lg nih otak, nothing to lose aj dehh..pas wawancara, gw bareng ma 2 cewe, lirik2 dikit sih, hehehe, pertanyaan msh biasa, Riwayat hidup kita sama kenapa jd memilih posisi yg di lamar…biar gitu2 gw jawabnya grogi jg lhoo, nervous amat..maklum pertama..hehehe..tuh cewe2 malah jago2 jawabnya singkat, jelas, dan tegas (biasa, kalah pengalaman, wajar dong!!)..ngeless dikit..hehehe..tengsin jg seh ma tuh cewe2..hehehe. tapi setelah itu gw jd bingung, malahan gw yg jawab pertanyaan dgn bibir bergetar yg lolos untuk wawancara ke dua, malah cewe2 td gk lulus. (mungkin kebanyakan pengalaman kali yaa!!) hehehe…alhamdulillah gw lolos..nunggu lagi deh buat wawancara ke dua, coz dilakukan pd hari itu jg..

Wawancara kedua,

Mulai Bete, cape’, esmosi, dan lapaaarrrr….makan dolo,,eh eh, ternyata pas gw sholat sm makan siang nama gw di panggil, yaaahhh, di lewatin deh..nunggu lagi dehhh…parahnya neh, ampe peserta abis nama gw gk dipanggil2 lg, uda jam 16.30 tuh. Protes dong, masa perjuangan gw nunggu dari pagi ampe sore hari gak berbuah hasil seh..hehe. Akhirnya nama gw di panggil jg, bareng ada satu lg temen gw,,Pas wawancara, tu temen gw jago amat jawab pertanyaan (maklum dia jg menang pengalaman!!) ngeles lg..gw ampe bingung apa yg diomongkan kedua belah pihak, pewawancara ma tmen gw td..gw cm bisa melongo (terjamahan indonesia;…? :p)..setelah itu dia di suruh pulang, gantian gw dong..Pertanyaan mulai serius neh, menjurus ke bahasa kuliah,,hehehe,,ampunn dj, gw jd grogi maning, gk bs to the point jawabnya, ngalor ngidul gt deh, berbelit2..malu rasanya diri ini…trus ditanya gaji jg seh, tp untungnya di suruh tulis di kertas, gk di omongkan..kan bingung kalo di tanya berapa gaji yg di mau? (maunya seh segede2nya) tp sesuai kemampuan aj deh, maklum fresh graduate..hehehe..Setelah wawancara kedua, dikasih tau nanti yg lolos akan di telpon dalam jangka waktu 2-3 minggu,,

Dalam masa penantian (2-3 minggu kemudian),

waktu terus berlalu, diri terus menunggu akan hadirnya kabar, namun, dalam jangka waktu yg telah di tetapkan tiada panggilan telepon dari bank tersebut…hancur hatiku..tidaaaakkkkkk…aku masih muda, masih banyak yg bisa aku perbuat untuk diriku, keluarga, orang lain, serta bangsa dan negara..

bersambung…

tunggu kehadiran postingan Susahnya cari kerja…!!! (bagian kedua)

thank’s

1 Responses to Susahnya cari kerja…!!! (bagian pertama)

  1. dee cute berkata:

    ahahaha…

    ramiii ih kesahnya,,

    ahay,

    kada asoi neh bank nya,

    abang ku kd diterima, huhuhu…….

Tinggalkan komentar